Sunday, February 17, 2008

MU Bungkam Arsenal


Pimpinan klasemen sementara Liga Premier Inggris, Arsenal dibuat tak berdaya menghadapi saingan terdekatnya Manchester United di Old Trafford, Sabtu (16/02) atau Minggu dinihari—WIB. Gawang Jens Lehmann digerayangi The Red Devils yang menyeploskan empat gol tanpa balas, alias 4-0, pada putaran kelima Piala FA.

Perubahan seperti yang diutarakan kedua manajer terbukti. Sir Alex Ferguson sama sekali tidak mencantumkan Cristiano Ronaldo dan Ryan Giggs di dalam line-up. Sementara bos The Gunners, Arsene Wenger membangkucadangkan Emmanuel Adebayor dan Mathieu Flamini. Dari perubahan itu Arsenal menjadi pihak yang terluka.

Rooney yang kembali setelah absen pada pertandingan derby Manchester akhir pekan lalu, bermain apik di sepanjang babak pertama. Luis Nani dan Darren Fletcher yang jarang sebagai starter bermain lepas mengeluarkan kemampuan maksimal. Dari tendangan penjuru di menit ke-16, Rooney membuka skor. Bola sapuan pemain belakang disundul Anderson. Bola mengarah ke gawang dan lantas dibelokkan kepala Rooney yang berdiri di depan Justin Hoyte untuk mempecundangi Lehmann.

Berselang empat menit kemudian publik Old Trafford kembali bergemuruh. Sundulan Fletcher di tiang dekat menggoyang gawang Lehmann untuk kedua kalinya setelah sebelumnya sisi kanan pertahanan Arsenal disayat Nani dan diteruskan dengan crossing. MU memimpin 2-0.

Rooney menjadi momok penebar ancaman di daerah pertahanan tim tamu. Sayangnya striker Timnas Inggris itu tidak mampu menambah gol. Pertahanan Arsenal kembali begitu mudahnya dibongkar MU. Tujuh menit sebelum turun minum Michael Carrick memecah pertahanan dan mengirim umpan untuk diselesaikan oleh Nani dengan dingin.

Unggul tiga gol MU tanpa beban di babak kedua. Rooney mengetes kesigapan Lehmann, sementara anak asuh Arsene Wenger terpancing emosi. Korbannya Emmanuel Eboue di babak ke-48. Pemain serba bisa asal Pantai Gading itu dikartumerah wasit Alan Wiley setelah melanggar keras Patrice Evra. Bermain dengan keunggulan jumlah pemain, Rooney meneror pertahanan yang digalang William Gallas yang nampak kepayahan.

Rooney digantikan 20 menit sebelum usai dan mendapat sambutan meriah dari pendukungnya, salah satunya adalah Fabio Capello, pelatih The Three Lions. Sakit hatinya Arsenal belum reda. Menit ke-74 Nani kembali mengirim umpan untuk dituntaskan tandukan Fletcher di tiang jauh. MU unggul 4-0.

Gallas emosi dan men-tackle Nani keras tapi lolos dari hukuman kartu. Louis Saha nyaris menambah gol setelah menerima umpan terobosan Carrick. Tapi gol kelima digagalkan Lehmann yang sempurna menutup ruang tembak. Kemenangan sempurna untuk menjejakkan kaki di babak perempat final. Sedangkan bagi Arsenal, kekalahan itu menjadi pukulan moril sebelum berlaga di Liga Champions—sebaliknya dorongan buat MU.

Susunan pemain:
Man Utd: Van der Sar; Brown, Ferdinand (kk), Vidic, Evra; Fletcher (kk), Carrick, Anderson (Scholes 72); Ji-Sung, Rooney (kk) (Saha 71), Nani.
Arsenal: Lehmann; Justin Hoyte, Gallas, Toure, Traore; Eboue (km), Fabregas (Flamini 70), Gilberto Silva (kk), Hleb (Adebayor 70 (kk)); Eduardo (kk) (Senderos 71), Bendtner.