Monday, March 24, 2008

Fergie Tetap Merendah

Di atas angin. Manchester United membuka peluang lebar-lebar guna mempertahankan gelar jawara Liga Premier di musim ini setelah dalam partai pertama Super Sunday, Minggu, 23 Maret 2008, dengan meyakinkan menggulingkan Liverpool tiga gol tanpa balas.

Tambahan tiga poin tersebut, untuk sementara, membuat MU unggul lima (5) angka dari saingan terdekat, Chelsea. Dengan tersisa delapan partai, tak berlebihan jika tim asuhan Sir Alex Ferguson itu sangat diunggulkan untuk berada di posisi terdepan saat kompetisi usai, 11 Mei mendatang.

Namun, meski berada dalam pole position, Ferguson tak mau jumawa dan meyakini persaingan memperebutkan gelar premiership masih tetap alot sampai akhir musim. Ferguson menunjuk dua tim, The Blues dan Arsenal, tetap mempunyai peluang untuk menyalip Ryan Giggs dkk sampai akhir musim.

“Persaingan merebut gelar juara bakal berlangsung sampai akhir musim,” tegas Ferguson seperti yang dikutip BBC Sports News. Sebab, “Sejauh ini Chelsea dan Arsenal tampil sangat baik,” imbuhnya.

Ferguson menyadari masih beratnya perjalanan yang harus dilalui anak-anak asuhannya. Seiring dengan masih terbukanya peluang di Liga Champions yang menuntut konsentrasi dan determinasi plus ketersediaan para pemain kunci, MU pun harus menjalani dua partai big-match yang diyakini bakal jadi penentu keberhasilan tim, yaitu saat menjamu Arsenal, 13 April, dan bertandang ke Stamford Bridge, markasnya Chelsea pada 26 April mendatang.

Ketika disinggung tentang keberhasilan MU melibas pasukan Rafael Benitez, Ferguson tak sungkan untuk memuji penampilan Wayne Rooney dkk. “Benar-benar penampilan yang luar biasa. Satu aksi yang membuktikan tim kami memang matang. Selama enam bulan terakhir, tim ini telah menunjukkan kedewasaan dalam bermain. Partai tadi menjadi puncaknya,” puji Ferguson.

Setelah lama ‘berpacu’ dengan Arsenal, kini giliran Chelsea yang menjadi kandidat terkuat untuk menyalip MU. Sesuai dengan jadwal pertandingan yang masih tersisa, tim-tim lawan yang bakal dihadapi John Terry dkk relatif lebih ringan dibanding MU. Karenanya, pahlawan The Blues saat merontokkan dinamisnya para pemain asuhan Arsene Wenger kemarin, Didier Drogba, sangat yakin timnya punya potensi untuk membuat kejutan.

“Saya pikir, kemenangan (atas Arsenal) membuat kami percaya masih ada peluang untuk bersaing dengan United (MU). Memang, kans Arsenal masih ada. Tapi, saya yakin, kekalahan itu setidaknya membuat kepercayaan diri mereka jadi goyah. Saya berharap kami dapat mempertahankan performa tersebut dan meraih gelar juara,” tandas kapten sekaligus penyerang andalan Timnas Pantai Gading itu.