Monday, April 7, 2008

Totti Dipastikan Absen Di Old Trafford


AS Roma harus menampilkan sesuatu yang spesial untuk melangkah ke babak semifinal Liga Champions. Maklum saja, Giallorossi tertinggal 0-2 dari Manchester United pada leg pertama yang pahitnya diderita ketika bertanding di depan pendukungnya sendiri di Stadio Olimpico, Roma, pekan lalu.

Tapi, di saat kekuatan sepenuhnya dibutuhkan untuk mengejar ketinggalan di Old Trafford, Rabu atau Kamis dinihari—WIB, Roma kembali tampil timpang. Sama seperti leg pertama, Roma tidak akan diperkuat il capitano sekaligus top skorer klub saat ini Francesco Totti.

Roma yang mengumumkan skuadnya untuk partai versus MU tidak mencantumkan Totti. Absennya sosok yang sangat memberi inspirasi bagi rekan-rekannya yang lain itu tak ayal membuat perjuangan anak-anak gemblengan Luciano Spalletti kian sulit untuk menghadirkan kejutan besar sekaligus melunaskan dendam kekalahan telak 1-7 di tempat dan babak serupa di tahun lalu.

Totti didera cedera paha kiri saat menghadapi Cagliari di pekan ke-31 Serie A Italia, 29 Maret. Er Purpone pada awalnya begitu yakin bisa kembali merumput di Old Trafford. Ini jelas membuat kurang nyaman Luciano Spalletti. Pelatih Roma ini begitu berharap bisa menampilkan penyerang andalnya tersebut.

Tapi, Spalletti sudah bisa menurunkan gelandang serang Simone Perrotta setelah lunas menjalani hukuman akumulasi kartu. Sesal Spalletti, beruntung bagi Sir Alex Ferguson. Manajer MU itu mengaku absennya Totti di leg pertama merupakan salah satu faktor pendukung tim arahannya meraih kemenangan.

Kehadiran kembali Perrotta paling tidak diharapkan bisa mempersolid lini tengah. Dengan determinasinya yang tinggi, Perrotta akan mendukung trequartista Rodrigo Taddei, Mirko Vucinic dan Amantino Mancini. Di sektor vital, Perrotta kemungkinan akan ditemani David Pizarro yang didapuk mengisi posisi Alberto Aquilani yang kebugarannya tidak mencapai 100 persen. Satu punggawa lainnya adalah Daniele De Rossi.

Di lini belakang Spalletti bisa mengusung harapan menurunkan Juan. Bek gaek Italia, Christian Panucci yang menjabat ban kapten di Olimpico kemungkinan akan digeser Juan. Panucci akan dikembalikan ke posisi full-back.

Berikut para pemain yang layak tampil, seperti diuraikan Roma:
Alexander Doni, Gianluca Curci, Carlo Zotti; Vitorino Antunes, Marco Cassetti, Cicinho, Juan, Philippe Mexes, Christian Panucci, Max Tonetto; Alberto Aquilani, Matteo Brighi, Daniele De Rossi, Simone Perrotta, David Pizarro, Amantino Mancini; Mauro Esposito, Mirko Vucinic.