Sunday, April 6, 2008

Alves Hambat Laju MU


Kabar yang sangat dinanti-nantikan Chelsea. Penguasa klasemen sementara sekaligus juara bertahan premiership, Manchester United gagal meraih kemenangan saat bertandang ke Riverside Stadium, dan akhirnya harus puas bermain imbang 2-2 (1-1) dengan tuan rumah Middlesbrough, Minggu, 6 April 2008. Alhasil, selisih MU dan The Blues hanya terpaut tiga poin. Dua gol The Boro diborong penyerang anyarnya, Afonso Alves. Sementara dua gol MU, seperti biasa, dicetak Cristiano Ronaldo dan Wayne Rooney.

Dengan tersisa lima pertandingan, dimana MU harus melewati hadangan Arsenal dan Blackburn Rovers dan di lain pihak, Chelsea pun harus melayani tantangan Wigan Athletic dan Everton, pertemuan kedua tim di Stamford Bridge, 26 April mendatang bakal jadi partai penentu siapa yang bakal finish terdepan di akhir musim.

Sir Alex Ferguson pantas harus berpikir keras meracik komposisi lini pertahanannya. Tanpa Nemanja Vidic yang divonis absen dua sampai tiga pekan, duet Rio Ferdinand-John O’Shea dibuat tunggang langgang menghadapi akselerasi duo penyerang yang diturunkan Gareth Southgate, Alves dan Jeremie Aliadere. Ferguson pun pantas cemas ketika Ferdinand harus ditarik ke luar lapangan ketika pertandingan tinggal tersisa 20 menit.

Awalnya, Southgate dan fans The Boro terkejut melihat Ronaldo dengan leluasanya mencetak gol pertama MU ketika babak pertama baru berjalan 10 menit. Namun, perlahan, Boro yang kerap menyulitkan MU dalam pertemuan kedua tim sejak 2002, mulai menggeliat lewat duet Alves-Aliadere yang didukung dua pemain sayap, Stewart Downing di kiri dan Gary O’Neil di kanan.

Sayang, peluang emas yang didapat Aliadere terbuang sia-sia. 10 menit menjelang jeda, upaya Boro membuahkan hasil. Umpan panjang O’Neill disundul Aliadiere dan mengarah ke Alves yang berdiri bebas. Dengan dingin Alves berhasil mengecoh Edwin van der Sar. Skor 1-1 bertahan sampai wasit Mike Riley meniup peluit tanda istirahat tiba.

Di awal babak kedua, Boro tampil lebih trengginas. Tak lama kemudian, Alves membuktikan dirinya pantas jadi pemain termahal setelah mencetak gol keduanya yang prosesnya mirip dengan terjadinya gol pertama. Umpan panjang kapten tim George Boateng tak mampu diantisipasi Wes Brown. Bola kemudian disundul Aliadiere dan, lagi-lagi, mampir di kaki Alves. Tendangan Alves tak mampu dijangkau Van der Sar. 2-1 untuk Boro.

MU tersentak. Tapi, justru Alves yang nyaris membuat hat-trick ketika sundulannya tiga menit kemudian hanya bisa diselamatkan Ferdinand di garis gawang. Sadar akan risiko kekalahan bakal berdampak besar terhadap peluang timnya, Ferguson memasukkan Park Ji-Sung dan Owen Hargreaves. Berkat upaya Ji-Sung, Rooney berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-74.

Di menit-menit akhir pertandingan, MU harus berterima kasih kepada Van der Sar yang melakukan penyelamatan gemilang terhadap aksi Aliadiere dan Tuncay Sanli. Sampai peluit akhir berbunyi, skor tidak berubah, tetap 2-2.

Susunan Pemain:
Middlesbrough:
Schwarzer, Young (KK), Wheater, Pogatetz, Taylor, O'Neil (KK), Boateng (KK), Arca, Downing, Alves (Tuncay), Aliadiere (Johnson).
MU:
Van der Sar, O'Shea (Hargreaves), Ferdinand (Pique), Brown, Evra, Ronaldo, Scholes, Carrick, Giggs, Tevez (Park), Rooney (KK).
Wasit: Mike Riley