Wednesday, April 2, 2008

Ukuran Gaji : Ronaldo Di Urutan Kedelapan


Pengumuman Pemain Terbaik Dunia 2008 atau FIFA World Player of the Year baru akan diumumkan di penghujung tahun. Tapi untuk urusan prediksi pantaslah jika untuk saat ini di posisi terdepan kandidat peraih gelar bergengsi berada nama Cristiano Ronaldo. Performa bintang Portugal/Manchester United itu nyata terangnya.

Kiprahnya bersama MU bisa diibaratkan oleh peraih gelar tahun lalu, yakni bintang Brasil/AC Milan, Kaka. Skill, kontribusi sementara terhadap tim dan ketajaman setali tiga uang. Tapi untuk urusan gaji sangat timpang. Kaka memimpin di urutan pertama, sedangkan Ronaldo hanya menempati urutan kedelapan.

Seperti dilansir Goal, Kaka ditaksir mengantongi bayaran sebesar 143,438 pound atau 2,6 miliar rupiah per pekan. Atau, jika dihitung per tahunnya hampir menyentuh angka 7,5 juta pound (Rp 136,5 miliar). Di tempat kedua ditempati kompatriot Kaka yang menimba uang di Barcelona, Ronaldinho. Jumlah yang dikantongi Ronaldinho hanya terpaut tipis dengan Kaka.

Di luar dugaan adalah Ronaldo yang musim ini sudah menjaringkan 36 gol untuk The Red Devils. Di posisi kedelapan, pendapatan Ronaldo kurang 20 ribu pound (Rp 364 juta) dari yang didapat Kaka per pekannya. Tapi jika Ronaldo bersedia bergabung dengan Real Madrid mungkin nilai gajinya akan membengkak secara signifikan.

Dari 50 nama, yang juga cukup mengagetkan terdapatnya nama Sol Campbell (Inggris/Portsmouth) di posisi ke-15. Campbell jauh berada di atas David Beckham yang berada di urutan ke-44. Bintang Inggris yang bermain di Los Angeles Galaxy itu menerima gaji 71 ribu pound (Rp 1,3 miliar). Tapi gaji Beckham sangat mungkin naik lagi karena memiliki klausul khusus dalam kontraknya.

Uniknya, dari 50 nama tidak ada seorang pemain Arsenal. Sedangkan Chelsea menjadi klub paling royal. Buktinya empat pemainnya masuk ke dalam 10 besar.

Berikut daftar 10 besar pemain dengan gaji termahal:

1. Ricardo Kaka (AC Milan)
2. Ronaldinho (Barcelona)
3. Frank Lampard (Chelsea)
4. John Terry (Chelsea)
5. Fernando Torres (Liverpool)
6. Andriy Shevchenko (Chelsea)
7. Michael Ballack (Chelsea)
8. Cristiano Ronaldo (Manchester United)
9. Thierry Henry (Barcelona)
10. Steven Gerrard (Liverpool)