Sunday, May 11, 2008

MU Juara Lagi


Manchester United membuktikan diri pantas meraih gelar juara premiership di musim 2007-08. Di laga pamungkas kompetisi yang sangat menentukan, skuad Sir Alex Ferguson, yang awalnya tampil canggung dan terkesan bermain dengan penuh beban, akhirnya berhasil mengatasi perlawanan Wigan Athletic 2-0 (1-0) di JJB Stadium, Minggu, 11 Mei.

Dua gol kemenangan MU dicetak bintang mudanya asal Portugal, Cristiano Ronaldo dari titik putih penalti di menit ke-33 babak pertama dan sontekan Ryan Giggs 10 menit sebelum pertandingan usai. Keberhasilan meraih tiga poin itu menjamin posisi puncak klasemen akhir ditempati MU apapun hasil pertandingan antara rival MU, Chelsea versus Bolton Wanderers. Laga di Stamford Bridge itu berakhir dengan hasil imbang 1-1 (0-0). The Blues yang unggul terlebih dahulu lewat striker pengganti Andriy Shevchhenko harus puas dengan tambahan satu poin setelah di injury time Matthew Taylor menyamakan kedudukan.

Di JJB Stadium, di 20 menit pertama, tim tamu tampil rada gugup. Alhasil, trisula maut MU, Wayne Rooney, Carlos Tevez, dan Ronaldo gagal mengancam gawang Chris Kirkland. Baru di pertengahan babak MU mengancam lewat tendangan bebas Ronaldo yang masih diselamatkan Kirkland. MU akhirnya bisa bernafas lega di menit ke-33 ketika wasit Steve Bennett menilai Emmerson Boyce melanggar Rooney di kotak 16 meter. Eksekusi Ronaldo mulus dan mengelabui Kirkland. Skor 1-0 untuk MU bertahan sampai jeda.

Di babak kedua, tendangan bebas Ronaldo di menit ke-49 kembali berhasil digagalkan Kirkland. Empat menit kemudian, MU punya peluang mendapat hadiah penalti kali kedua ketika akselerasi Paul Scholes dilanggar Titus Bramble. Namun, Bennett tak menganggapnya sebagai satu pelanggaran. Kirkland kembali melakukan save dengan menepis tembakan Rooney. Sementara, sundulan Emile Heskey hanya mendarat di atas jala gawang Edwin Van der Sar.

Gagal menambah gol, Ferguson memasukkan Owen Hargreaves dan Giggs. Penampilan ke-758 bagi Giggs yang menyamai rekor legenda MU, Sir Bobby Charlton. Masuknya dua tenaga segar membuat serangan MU lebih tajam. Lewat sodoran cantik dari Rooney, Giggs berhasil mengamankan keunggulan MU di menit ke-80. Tembakan mendatarnya tak mampu ditepis Kirkland. 2-0 untuk MU. Upaya Wigan untuk memperkecil ketinggalan gagal seiring dengan kokohnya lini belakang MU yang kembali digalang duet Rio Ferdinand dan Nemanja Vidic.

Susunan Pemain:
Wigan:
Kirkland, Boyce, Bramble, Scharner, Figueroa, Brown (King), Koumas, Valencia (KK), Palacios (KK), Bent (Sibierski), Heskey (KK).
MU:
Van der Sar, Brown, Ferdinand, Vidic, Evra, Carrick, Scholes (KK, Hargreaves), Park Ji-Sung (Giggs), Ronaldo, Rooney (KK), Tevez.
Wasit: Steve Bennett

Sementara itu, karir Sven-Goran Eriksson bersama Manchester City hampir dipastikan telah berakhir. Berkunjung ke Riverside Stadium, markasnya Middlebsrough, The Citizens mendapat pukulan hebat, dihancurkan tuan rumah dengan skor yang sangat menyolok 1-8 (0-2). Kekalahan terbesar bagi Man City dan Eriksson sepanjang musim ini.

Kekalahan tim tamu lebih banyak disebabkan dikeluarkannya kapten tim Richard Dunne oleh wasit Phil Dowd di menit ke-15 karena dianggap melakukan professional foul terhadap striker The Boro, Tuncay Sanli di kotak 16 meter. Eksekusi penalti yang dilakukan Stewart Downing mulus. 1-0 untuk The Boro. Sejak saat itu pasukan Gareth Southgate mutlak mendominasi jalannya pertandingan.

Hasilnya, penyerang anyar mereka, Afonso Alves mencetak hat-trick di menit ke-37 babak pertama dan di menit ke-70 plus menit ke-90 babak kedua. Lima gol lainnya bagi tuan rumah dicetak Downing di menit ke-58, Adam Johnson di menit ke-70, Fabio Rochemback di menit ke-80, dan Jeremie Aliadiere di menit ke-85. Satu-satunya gol hiburan bagi City dicetak Elano Blumer tiga menit sebelum gol ketiga Alves.

Berikut hasil lengkap pertandingan premiership di pekan terakhir (ke-38), Minggu, 11 Mei 2008.
Birmingham City vs Blackburn Rovers 4-1
Chelsea vs Bolton Wanderers 1-1
Derby County vs Reading 0-4
Portsmouth vs Fulham 0-1
Sunderland vs Arsenal 0-1
Tottenham Hotspur vs Liverpool 0-2
West Ham United vs Aston Villa 2-2
Wigan Athletic vs Manchester United 0-2
Middlesbrough vs Manchester City 8-1
Everton vs Newcastle United 3-1