Monday, May 12, 2008

Jaminan Dana Segar Untuk Ferguson


Manchester United baru saja menasbihkan diri sebagai jawara Premiership dua hari yang lalu. Pekan depan (21/05), mereka masih akan bertemu dengan Chelsea di final Liga Champions. Meski perjuangan musim ini belum berakhir, namun Sir Alex Ferguson sudah boleh tersenyum lebar lantaran ia diberi jaminan dana besar untuk belanja pemain musim depan.

Kepastian ini keluar dari mulut Chief Executive MU, David Gill. Ia menjanjikan dana yang dibutuhkan Sir Alex akan tersedia pada musim panas ini, demi terwujudnya salah satu target besar MU, menyamai--atau bahkan melampui--raihan 18 kali gelar juara liga milik Liverpool.

“Seperti klub lain, kamu menaksir apa yang berjalan baik, apa yang tidak, dan di mana merasa bahwa kamu dapat melakukan pengembangan. Alex tidak pernah membiarkan kami beristirahat dalam kejayaan. Tidak terbantahkan lagi bahwa ini adalah liga terbaik di dunia, maka jika ingin terus berada di atas, kami harus memerhatikan skuad kami dan mengembangkannya,” tutur Gill pada MUTV.

MU sendiri nampaknya akan ditinggal beberapa pemainnya. Tercatat nama-nama seperti Louis Saha (Baca: Demi Valencia, MU Sodorkan Saha) dan Mikael Silvestre diyakini akan meninggalkan Old Trafford musim depan. Selain itu pemain yang selama ini lebih banyak dipinjamkan ke klub lain seperti John O’Shea serta Gerard Pique juga akan hengkang demi kesempatan bermain yang lebih banyak.

“Tim ini menjadi juara pada tahun lalu, maka bagaimana kamu akan mengembangkannya? Namun inilah yang kami coba lakukan. Kami perlu untuk meyakinkan bahwa kami tidak berdiri di posisi yang sama, serta mampu mengidentifikasi pemain-pemain yang membuat perbedaan dengan seleksi ketat dalam dua atau tiga tahun terakhir,” sambung Gill.

Awal musim lalu, MU banyak menggelontorkan dana demi mendapatkan pemain-pemain yang diperlukan. Hebatnya, semua pembelian tersebut tidak sia-sia. Semua pemain yang didatangkan, mampu beradaptasi dengan cepat dan memberikan kejayaan bagi The Red Devils. Gill berkata “Ketika kami mengeluarkan banyak dana untuk pembelian musim lalu, sangat fantastis melihat mereka (para pemain baru) datang dan berbuat yang terbaik. Itu menunjukkan bagaimana klub ini. Semua bintang besar mampu berintegrasi dengan cepat, membuat mereka semua merasa disambut, dan melakukan hal-hal hebat di lapangan.”

Sayangnya, MU telah kalah satu langkah dalam perebutan pemain barunya dari Chelsea. Salah satu pemain incaran mereka, Jose Bosingwa, telah memastikan diri berbaju The Blues musim depan (Baca: Bosingwa Jadi ke Chelsea).