Tuesday, January 15, 2008

Ronaldo Hat-trick, MU ke puncak


Benar saja, kegagalan Arsenal meraih poin penuh dimanfaatkan maksimal oleh Manchester United. Menjamu tim tanpa manajer, Newcastle United, The Red Devils tanpa ampun melumat tamunya dengan enam gol tanpa balas alias 6-0 di Old Trafford, Sabtu (12/01) atau Minggu dinihari—WIB.

Penampilan gemilang diperlihatkan Cristiano Ronaldo dengan menyumbang tiga gol. Catatan hat-trick pertama bagi Ronaldo dan kemenangan yang membawa MU ke puncak klasemen sementara. MU mengoleksi poin 51, sama dengan Arsenal, tapi unggul dalam selisih gol.

Dengan dihadiri pelatih Timnas Inggris, Fabio Capello, Wayne Rooney membuka ancaman. Tendangan calon striker utama Inggris di bawah asuhan Capello itu masih melayang di atas mistar. MU mendominasi paro pertama namun The Magpies mampu mempertahankan kedudukan imbang tanpa gol sampai turun minum.

Dua kali Shay Given menyelematkan gawangnya dari ancaman Rooney. Claudio Cacapa berhasil menyapu sundulan John O’Shea di depan garis gawang. Sementara pada menit ke-28 terjadi momen kontroversial saat Ronaldo dijatuhkan Steven Taylor di dalam kotak 16 meter. Ronaldo dan kubu MU menagih hadiah penalti, sedangkan wasit Rob Styles menampiknya.

Pesta gol MU terjadi di babak kedua. Tendangan bebas Ronaldo memecah kebuntuan pada menit ke-49 dengan melewati pagar betis dan jangkauan Given. Enam menit berikutnya kesalahan mendasar di pertahanan Newcastle dimanfaatkan sempurna oleh Ryan Giggs yang mengirim umpan silang pada Carlos Tevez. Striker internasional Argentina itu dengan mudahnya mengekseksekusi peluang. 2-0 MU memimpin.

Newcastle bisa dikatakan kalah, namun Charles N’Zogbia memberi ancaman lewat tendangan dari luar kotak penalti yang membuat Edwin van der Sar bersusah payah menyelamatkannya. Di menit ke-70 Ronaldo menambah keunggulan jadi 3-0 lewat skema yang cantik. Michael Carrick yang dominan di lini tengah mengawali dengan umpan ke depan. Kombinasi Rooney dan Tevez kemudian diselesaikan Ronaldo.

Given dipaksa bekerja ekstra keras menyelamatkan peluang Danny Simpson dan Rooney sebelum Ferdinand mencetak gol keempat MU pada menit ke-85. Ronaldo membukukan hat-trick dua menit sebelum waktu normal berakhir dan pesta gol ditutup Tevez di masa injury time. Gol yang diprotes kubu Newcastle karena bola yang sebelumnya membentur mistar itu diklaim belum melewati garis gawang. Protes keras itu berakibat dikartumerahkannya mantan pemain MU, Alan Smith yang menjabat kapten di Newcastle.

Susunan pemain:
Man Utd: Van der Sar; O'Shea, Ferdinand, Vidic, Evra (Simpson 67); Ronaldo, Carrick, Anderson (Fletcher 72), Giggs (Nani 72); Rooney (kk), Tevez.
Newcastle: Given; Carr, Taylor, Cacapa, Jose Enrique; Milner (Viduka 64), Smith (km), Butt, N'Zogbia, Duff (kk); Owen (Rozehnal 82).
»Berita Lainnya