Sunday, January 27, 2008

Ronaldo Kubur Ambisi Spurs


Dua gol dari Cristiano Ronaldo di babak kedua membuyarkan ambisi Tottenham Hotspur untuk mengulang prestasi di semifinal Carling Cup. Tampil sangat percaya diri, Spurs akhirnya harus menyerah 1-3 (1-1) dari Manchester United dalam babak perdelapan final FA Cup yang digelar di Old Trafford, Minggu, 27 Januari 2008.

Dalam pertandingan yang berjalan sangat sengit dan seimbang itu, dua tim sama-sama kehilangan satu pemain pilar di lini pertahanan. MU kehilangan Nemanja Vidic yang dikabarkan terkena virus dan Spurs tampil tanpa Ledley King. Alhasil, Sir Alex Ferguson menggeser Wes Brown untuk bertandem dengan Rio Ferdinand, sementara Juande Ramos menugaskan Tom Huddlestone berduet dengan Michael Dawson. Ramos pun berani menurunkan pemain muda Jamie O’Hara sebagai bek kiri guna membendung pergerakan Cristiano Ronaldo. Sementara Lee Young-pyo digeser menjadi bek kanan.

Sejak kick-off dibunyikan Peter Walton, MU menggebrak. Di menit ketiga sontekan Wayne Rooney memanfaatkan umpan Ryan Giggs hanya membentur jaring luar sisi kiri gawang Spurs yang dijaga Radek Cerny. Spurs membalas lewat tandukan Dimitar Berbatov di menit ke-15 yang masih dapat diselamatkan Rooney di bawah mistar gawang Edwin van der Sar.

Meski tertekan, Spurs justru unggul terlebih dahulu. Gol ini mutlak kesalahan defender MU, Patrice Evra yang tidak memblok umpan Aaron Lennon, dan duet Ferdinand-Brown yang tidak mengawal pergerakan Robbie Keane. Umpan Leenon dicocor Keane tanpa bisa dicegah Van dr Sar. 1-0 untuk Spurs. MU tersengat. Di menit ke-37 tembakan Giggs dengan susah payah ditip Cerny. Semenit kemudian Old Trafforf bergemuruh setelah Carlos Tevez sukses menjebol gawang Spurs. Gol ini merupakan andil Giggs yang berhasil melewati kawalan Young-pyo. Skor 1-1 bertahan sampai jeda.

Dua menit setelah babak kedua dimulai, Lennon punya peluang emas. Memanfaatkan kesalahan Evra, chip Lennon hanya melambung tipis di atas mistar gawang MU. Sir Alex memutuskan untuk memainkan Paul Scholes. Aksi Scholes nyaris membuat Tevez mencetak gol kedua di menit 67. Dua menit kemudian, petaka menimpa Spurs. Dawson menyentuh bola dengan sengaja di kotak 16 meter. Walton mengganjarnya dengan kartu merah. Eksekusi Ronaldo mulus. 2-1 untuk MU.

Meski bermain dengan 10 pemain, Spurs nyaris menyamakan kedudukan lima menit menjelang bubaran ketika sontekan Dimitar Berbatov meneruskan umpan lambung Malbranque hanya membentur tiang gawang MU. Tiga menit kemudian, Ronaldo memastikan keunggulan tuan rumah lewat tendangan kerasnya yang tak mampu ditangkap Cerny. Skor 3-1 untuk MU bertahan sampai pertandingan usai.

Susunan Pemain:
MU:
Van der Sar, O'Shea, Ferdinand, Brown, Evra (KK, Simpson), Ronaldo, Carrick (Scholes), Hargreaves, Giggs, Rooney, Tevez (Anderson).
Spurs:
Cerny, Tainio (Defoe), Dawson (KM), Huddlestone, Lee (Gunter), Lennon (Boateng), O'Hara, Jenas, Malbranque, Keane, Berbatov.
Wasit: Peter Walton.