Tuesday, February 5, 2008

Fergie Enggan Mainkan Ronaldo Sebagai Penyerang

Walaupun selama ini gelandang sayap Cristiano Ronaldo sangat produktif dalam mendulang gol demi gol, pelatih Manchester United Sir Alex Ferguson enggan memainkannya sebagai seorang penyerang.

Ronaldo pada musim ini bermain sangat gemilang dan menjadi tumpuan utama MU dalam mencetak gol mengungguli beberapa penyerang yang dimiliki Red Devils seperti Carlos Tevez, Wayne Rooney dan Louis Saha.

Hingga saat ini Ronaldo memuncaki daftar pencetak gol terbanyak sementara Liga Premier dengan torehan 19 gol sama dengan perolehan ujung tombak Arsenal Emmanuel Adebayor.

Pemain asal Portugal ini bukan hanya tajam di Liga Premier tapi juga di kompetisi lainnya karena hingga saat ini Ronaldo sukses mengemas 27 gol di semua ajang yang diikutinya musim ini.

Torehan 27 gol membuat Ronaldo berpeluang melewati perolehan 32 gol pemain legendaris MU George Best sebagai pemain sayap tersubur sepanjang sejarah MU.

Tajamnya Ronaldo membuat banyak pihak merekomendasikan agar Ferguson memasangnya sebagai penyerang saja ketimbang di sektor sayap.

Namun Ferguson ternyata tidak akan melakukan langkah tersebut karena ia menilai Ronaldo lebih berbahaya bila ditempatkan di sayap.

"Pada beberapa kesempatan, terutama saat Saha absen dan kami mengandalkan Rooney dan Tevez, di mana kami mempertimbangkan Ronaldo menyerang lewat tengah. Dia sudah melakukannya ketika melawan Birmingham. Dia akan jadi ancaman serius tapi kalau anda menggesernya dari sayap, maka penetrasi tim akan berkurang," ujar Ferguson.