Monday, February 18, 2008

Gallas Lolos Dari Sanksi


Kapten Arsenal, William Gallas lolos dari sanksi disiplin karena melanggar keras winger Manchester United, Luis Nani pada pertandingan putaran kelima Piala FA, Sabtu lalu. hal ini dikonfirmasi langsung oleh Asosiasi Sepakbola Inggris (FA), Senin (18/02) ini.

Manajer MU, Sir Alex Ferguson mencak-mencak terhadap aksi defender Prancis itu di Old Trafford saat timnya meluluhlantakkan The Gunners empat gol tanpa balas. Ferguson menyatakan Gallas seharusnya diganjar kartu merah oleh wasit Alan Wiley.

Gallas ketika itu nampak kesal dengan aksi juggling bola Nani yang seakan melecehkan. Karena itu, Gallas menendang winger Portugal tersebut dari belakang. Sedangkan manajer Arsenal, Arsene Wenger sebelumnya mengecam aksi Nani walau ia mengakui kalau mantan Sporting Lisbon itu bermain apik.

Namun Gallas yang terancam sanksi walau aksi tekelnya lolos dari pandangan Wiley bisa bernafas lega. FA mengkonfirmasi tidak ada sanksi setelah Wiley diminta pendapatnya mengenai insiden itu melalui tayangan video rekaman pertandingan. Juru bicara FA menyatakan: “Setelah melihat video rekaman wasit (Wiley) tidak merasa aksi tekel itu dikategorikan tindakan berlebihan—keras. Oleh sebab itu tidak ada sanksi yang akan diberikan (buat Gallas).”

Keputusan itu tentunya tidak memuaskan Ferguson yang mengatakan: “Wasit seharusnya melihat lagi insiden tersebut. Dia (Gallas) menendang Nani dari belakang. Wasit memanggil keduanya setelah karena keduanya bersitegang—tanpa melihat tekel Gallas. Dia seharusnya diganjar kartu merah.”

Gallas mengakui MU akan mendapat keuntungan moril yang berlipat ganda setelah mengalahkan Arsenal. Namun ia lebih menyoroti rekan-rekannya untuk jangan terhanyut atas kekalahan telak yang diderita dari rival utama mereka di premiership, jika ingin berjaya di Liga Champions. Rabu (20/02), The Gunners akan menjamu juara bertahan AC Milan di leg pertama babak perdelapan final.

“Gelar juara adalah sebuah impian dan impian harus diwujudkan dengan perjuangan. Kekalahan dari MU sangat mengecewakan dan sekarang saatnya untuk berlatih ekstra keras untuk menjadi mengeluarkan yang terbaik demi gelar Liga Champions dan Liga Premier. Rabu nanti lain ceritanya karena kami akan bermain di kandang. Dan untuk selanjutnya—saat laga tandang—kami tidak boleh mengulangi kesalahan seperti Sabtu lalu,” tegas Gallas kepada Arsenal TV.