Tuesday, February 19, 2008

Lawan Lyon, Giggs Masuk Klub 100


Ryan Giggs akan menorehkan catatan pertandingan ke-100 di Liga Champions ketika Manchester United berhadapan dengan Olympique Lyonnais, Rabu atau kamis dinihari—WIB. Di Stade Gerland, Giggs akan melalui leg pertama babak 16 besar dengan mengenakan ban kapten karena kapten utama Gary Neville masih terbelenggu cedera.

Kepastian menurunkan Giggs dikonfirmasi langsung Sir Alex Ferguson, manajer MU. Indikasi itu sudah terlihat ketika ia—dan juga Cristiano Ronaldo—sengaja diistirahatkan ketika The Red Devils membantai Arsenal 4-0 di Piala FA, Sabtu lalu. Jika tidak ada halangan berarti, maka The Welsh Wizard akan menjadi pemain kedelapan yang masuk ke dalam klub 100 Liga Champions.

Giggs akan bergabung dengan mantan rekannya di MU, David Beckham, Raul Gonzales, Roberto Carlos, Paolo Maldini, Oliver Kahn, Luis Figo dan Clarence Seedorf. Prestasi pemain paling banyak mengoleksi gelar di MU itu tak urung mendapat apresiasi tersendiri bagi Ferguson.

Sedikit saja pemain yang mampu mencapai milestone—pijakan—di kejuaraan Eropa. Tujuh orang, dan nantinya ditambah Giggs, di atas jelas nama populer. Selain itu, ”Mereka memiliki kemampuan, daya tahan dan konsistensi. Giggs menambahkannya dengan syarat sikap atau attitude positif. Apa (sukses dan gelar) yang akan diperoleh akan mengikuti dengan sendirinya,” terang Ferguson kepada Daily Mail.

Bagi Ferguson, Giggs merupakan pesepakbola profesional tulen. ”Pencapaian tinggi seperti penampilannya yang ke 100 di Liga Champions sebuah bonus. Saya masih dapat mengandalkannya untuk beberap atahun ke depan. Itulah harapan saya. Dia selalu memberikan yang terbaik setiap kali turun. Dia banyak menampilkan permainan memikat yang dikenang buat kami,” lanjutnya.

Giggs sendiri yakin musim inilah saat yang tepat bagi MU untuk memenangi Liga Champions untuk ketiga kalinya. Penyisihan grup menjadi bukti. MU hanya kehilangan dua poin dari 18 poin yang tersedia. Untuk itu MU harus mampu melewati Lyon terlebih dahulu dan winger veteran Wales tersebut tidak akan menganggap remeh lawannya yang memiliki pengalaman tampil di kancah Eropa.

"Musim ini kami memiliki persiapan lebih baik. Musim lalu kami hanya siap dengan 13 atau 14 pemain karena deraan cedera menjelang akhir musim kompetisi. Semoga saja dengan pemain yang lebih banyak dan lebih segar kami mampu meraih lebih baik dari tahun lalu," kata Giggs kepada Daily Express. Giggs menambahkan empat tim yang akan menjadi rival utama, yakni AC Milan, Inter Milan, Real Madrid dan Barcelona.

Ferguson membawa 22 pemain ke Lyon dan akan menurunkan kekuatan terbaik dengan menumpukan kekuatan untuk mendukung Wayne Rooney di depan. Kemungkinan besar Ferguson akan menampilkan striker tunggal dengan dukungan lima gelandang. Kemenangan, atau minimal hasil seri akan mempermudah langkah MU di Old Trafford pada leg kedua.

Percaya diri berlebihan dibuang jauh-jauh Ferguson, meski kemenangan telak dari rival utama mereka di Liga Premier Inggris, Arsenal, tak pelak memacu adrenalin Giggs dkk. ”Lyon memenangkan Ligue 1 Prancis dalam enam musim terakhir. Jadi, sangat jelas kalau mereka adalah tim berbahaya,” tandasnya.