Sunday, February 3, 2008

Imbang : MU gagal salip Arsenal


Dramatis. Perjuangan gigih sebelum peluit akhir berbunyi dari Manchester United terbayarkan. Gol Carlos Tevez di detik-detik terakhir mampu menyelamatkan MU dari kekalahan atas tuan rumah Tottenham Hotspur. Tapi raihan satu poin di White Hart Lane, Sabtu (02/02), tidak cukup bagi The Red Devils kembali memuncaki klasemen Liga Premier Inggris.

Manajer Spurs Juande Ramos menurunkan defender anyarnya, Jonathan Woodgate dan Alan Hutton. Sementara Sir Alex Ferguson mengembalikan starter gelandang tengah kepada Paul Scholes. Tuan rumah lebih aktif menyerang dan memperoleh gol keunggulan pada menit ke-21. Dengan jitu Dimitar Berbatov menuntaskan peluang setelah bola hadangan Edwin van der Sar mendarat di kakinya. 1-0 Spurs memimpin.

Protes keras Van der Sar karena merasa dipegangi Jermaine Jenas justru membuahkan kartu kuning dari wasit Mark Clattenburg. Cristiano Ronaldo tidak berkembang permainannya dan kontribusi pertama membuahkan kartu kuning di menit 30. Sampai babak pertama usai Spurs mampu mengamankan keunggulan dengan menjaga pressure.

MU yang tertinggal mengawali babak kedua dengan meningkatkan tekanan. Gelandang veteran MU, Ryan Giggs da Paul Scholes tidak mampu mengambil kendali ritme dan digantikan darah muda Anderson dan Nani. Tapi tetap bisa dikatakan kalau lini tengah tetap lebih dikuasai Spurs yang tampil bertenaga dan cepat dengan Jenas sebagai aktor utama.

Menjelang pertandingan berakhir MU mulai frustasi. Van der Sar sampai pikut ke depan menyongsong untuk bola mati. Tekanan yang dilancarkan pada ujungnya menemui hasil. MU menyamakan kedudukan di menit keempat masa injury time. Sentuhan Tevez dari sepak pojok Nani membuat MU pulang tidak dengan tangan hampa. Namun tambahan satu poin membuat MU kini tertinggal dua poin dari Arsenal.

Susunan pemain:
Tottenham: Cerny (kk); Chimbonda, Dawson, Woodgate (kk), Hutton; Lennon (Boateng 79), Jenas, Huddlestone (kk), Malbranque; Berbatov, Keane (O'Hara 90).
Man Utd: Van der Sar (kk); Brown (kk), Ferdinand, Vidic, Evra; Ronaldo (kk), Hargreaves (Carrick 46), Scholes (Anderson 60), Giggs (Nani 60 (kk)); Rooney (kk), Tevez (kk).

Hasil serupa atau 1-1 juga terjadi di Fratton Park antara Portsmouth yang menjamu Chelsea. Setelah bermain tanpa gol di babak pertama, The Blues membungkam publik tuan rumah lewat gol Nicolas Anelka melalui tendangan voli setelah menerima sodoran dari Joe Cole. 1-0 Chelsea unggul di menit ke-56. Tapi The Pompey mampu menyamakan kedudukan delapan menit kemudian. Jermain Defoe mencetak gol pertama di pertandingan perdana bersama Portsmouth.

Kesempatan Portsmouth meraih kemenangan hampa setelah upaya Noe Paramot hanya menerpa tiang gawang. Skor 1-1 bertahan sampai usai dan Chelsea gagal memanfaatkan kesempatan untuk memperpendek selisih poin dengan MU. Chelsea kini tertinggal enam dan empat poin dari Arsenal dan MU.

Susunan pemain:
Portsmouth: James; Johnson, Campbell, Pamarot (kk), Hreidarsson; Davis (kk) (Mvuemba 68), Diarra, Hughes, Kranjcar; Baros, Defoe.
Chelsea: Cech; Belletti, Ben Haim, Alex, Ashley Cole; Makelele, Wright-Phillips, Ballack, Malouda (Pizarro 74), Joe Cole; Anelka.