Sunday, February 3, 2008

Ronaldo Bakal Jadi Pemain Termahal Premiership


Menjelang berakhirnya kompetisi musim 2006-07 lalu, mengantisipasi lirikan dan minat yang begitu besar dari Real Madrid, Manchester United memperbaharui kontrak kerja pemain bintangnya asal Portugal, Cristiano Ronaldo (Baca: Ronaldo di Old Trafford Sampai 2012).

Musim ini, aksi Ronaldo terbilang fantastis. Dari 25 pertandingan premiership yang telah diselesaikan, mantan pemain Sporting Lisbon itu telah menoreh 19 gol, dua gol lebih banyak dari pundi-pundi gol Ronaldo di musim lalu (17 gol). Bahkan, dengan tambahan tiga (3) gol di ajang cups dan lima (5) gol di Liga Champions, total gol yang dihasilkan Ronaldo sampai akhir Januari 2008 berjumlah 27 gol, hanya terpaut lima gol dari rekor legenda MU, George Best.

Saking berkualitasnya seorang Ronaldo membuat manajer MU, Sir Alex Ferguson, berhasrat untuk mengikatnya di Old Trafford lebih lama. Pemain yang bakal genap berusia 23 tahun pada 5 Februari 2008 ini bakal disodorkan kontrak plus gaji anyar yang menjadikan Ronaldo sebagai pemain dengan gaji termahal di Liga Premier Inggris.

Kontrak baru itu berdurasi sampai 2014, dua tahun lebih lama dari kontrak berjalan. Ronaldo bakal digaji sebesar 140 ribu pound atau sekitar Rp 2,57 miliar per minggunya! Besaran gaji yang melebihi pendapatan John Terry di Chelsea, 130 ribu pound (Rp 2,385 miliar) per pekan. Dengan kata lain, dalam setahun, Ronaldo bakal mendapat bayaran sebesar 7 juta pound atau Rp 128,5 miliar!

Menurut News of the World, Sir Alex telah mendapat lampu hijau dari pemilik klub, Malcolm Glazer bersaudara, untuk memberikan gaji sebesar itu kepada Ronaldo sekaligus merombak struktur gaji yang selama ini berlaku di Old Trafford. Kabarnya, Ronaldo sendiri telah setuju dengan tawaran kontrak plus gaji barunya itu dan rencananya ia bakal membubuhkan tanda tangannya dalam kontrak anyar itu di musim panas 2008 mendatang.

Salah satu faktor di balik kemauan MU dan Sir Alex untuk menambah durasi kontrak plus memberi gaji tinggi bagi Ronaldo adalah keputusan Pengadilan Arbitrase Olahraga atau Court of Arbitration for Sport (CAS) terkait kasus Andy Webster (Baca: Mau Ronaldo? Cukup dengan 12 Juta Pound).

Putusan CAS itu membenarkan seorang pemain, yang berusia di bawah 28 tahun, dengan sepihak dapat memutus kontrak kerjanya dua tahun sebelum kontraknya habis dengan membayar kompensasi sejumlah gaji yang diterimanya dalam dua tahun tersebut. Artinya, Ronaldo bisa hengkang dari Old Trafford pada 2010 (dua tahun sebelum kontrak berjalannya habis pada 2012) dengan membayar fee sebesar dua tahun gajinya yaitu 'hanya' sekitar 12 juta pound (Rp 220 miliar).