Monday, March 3, 2008

Arsenal Imbang, MU Tempel Ketat


Manchester United melewati partai tandang ke Fulham dengan kemenangan telak 3-0. Tambahan poin maksimal di Craven Cottage, Sabtu, 1 Maret, membuat MU memangkas selisih poin dengan Arsenal yang pada pertandingan lain ditahan imbang 1-1 oleh Aston Villa.

Demi menjaga kebugaran para pemain untuk partai kedua Liga Champions, Selasa (04/03), Sir Alex Ferguson mengistirahatkan Cristiano Ronaldo dan Wayne Rooney. Tapi kebijakan Ferguson tidak mampu dimanfaatkan The Cottagers. Tapi ritme MU hanya terganggu sedikit di beberapa menit awal babak pertama.

Buktinya, Louis Saha nyaris mengoyak gawang Antti Niemi di menit kelima. Tapi peluang terbuang percuma karena cocorannya belum menemui sasaran. Setelah itu dominasi The Red Devils tidak terbantahkan. Menit ke-15 tendangan bebas Owen Hargreaves dari jarak sekitar 22 meter mengoyak gawang Niemi. 1-0 MU memimpin.

Luis Nani yang mendapat kesempatan sebagai starter tampil impresif. Beberapa kali lini pertahanan tim asuhan Roy Hodgson dibuat kerepotan oleh gelandang internasional Portugal. Fulham mengancam 12 menit sebelum babak pertama usai saat sundulan Danny Murphy berhasil diblok Edwin van der Sar.

Satu menit sebelum turun minum MU menggandakan keunggulan. Umpan Paul Scholes dilesakkan Park Ji-Sung dengan sundulan. Perjuangan Fulham menjadi berat dan nampak serba salah di paro kedua. MU bahkan semakin superior dengan masuknya Rooney dan Ronaldo. Perlawanan Fulham praktis habis di menit ke-72. Kemenangan MU tercipta melalui gol bunuh diri Simon Davies yang salah mengantisipasi crossing John O’Shea.

Susunan pemain:
Arsenal: Almunia; Sagna, Gallas (kk), Senderos (Denilson 78), Clichy; Hleb, Fabregas, Flamini (Gilberto Silva 78), Diaby (Bendtner 59), Walcott; Adebayor.
Aston Villa: Carson; Gardner, Laursen, Davies (Osbourne 40 (kk)), Bouma; Young, Reo-Coker (Knight 32), Barry (kk), Maloney (Harewood 71); Carew, Agbonlahor.

Kemenangan tersebut membuat MU dan Arsenal berselisih satu poin saja. Jayanya MU tidak mampu diikuti The Gunners. Pada pertandingan di waktu yang hampir bersamaan Arsenal ditahan imbang 1-1 oleh Aston Villa di Emirates Stadium. Arsenal bahkan nyaris tunduk jika saja Nicklas Bendtner tidak menyeploskan gol balasan di detik-detik terakhir.

Villa memimpin di menit ke-27 melalui gol bunuh diri Philippe Senderos yang apes. Bermaksud menghalau umpan Gabriel Agbonlahor, Senderos justru memperdayai rekannya sendiri, Manuel Almunia. Arsenal yang terpecah konsentrasinya karena di pertengahan pekan nanti mereka harus bertandang ke San Siro, menghadapi AC Milan dengan hasil imbang 0-0 di leg pertama.

Susunan pemain:
Fulham: Niemi; Stalteri, Hangeland, Hughes, Konchesky, Volz (Kamara 90); Johnson (Nevland 90), Bullard, Murphy (Smertin 64), Davies; McBride.
Man Utd: Van der Sar; Evra, Ferdinand, Brown, O'Shea, Nani (Anderson 75), Scholes, Hargreaves, Park; Tevez (Ronaldo 69), Saha (Rooney 69).