Monday, March 3, 2008

Lawan Lyon, Kesempatan Nani Pasang Aksi


Laga di Old Trafford menjadi penentu lolos tidaknya Manchester United ke babak perempat final Liga Champions. Keuntungan dipegang The Red Devils dalam upaya mengulang prestasi treble winners 1999 setelah di Stade Gerland memetik hasil imbang 1-1 berkat gol penyelamat dari Carlos Tevez.

Tapi tidak semudah membalikkan telapak tangan. Olympique Lyonnais memiliki materi pemain dahsyat perpaduaan pengalaman dan talenta muda. Karim Benzema dan Hatem Ben Arfa menjadi sederet pemain masa depan Prancis yang mendapat sorotan banyak dari media. Belum lagi MU kemungkinan besar tidak akan turun bersama Ryan Giggs, Selasa atau Rabu dinihari nanti.

Hampir dipastikan Giggs tak akan tampil kontra Les Gones. Pemain MU terbanyak tampil di Liga Champions—dengan 100 appearances—mengalami kendala di bagian betis. Cedera yang dialami pemain dengan koleksi gelar liga terbanyak di Inggris terjadi dua pekan lalu pada leg pertama. Manajer Sir Alex Ferguson mengungkapkan: “Cedera Giggs di Lyon ternyata lebih berat dibanding dugaan kami. Dia sudah mulai berlatih Satu dan Minggu tapi belum juga membaik.”

Jika Giggs sampai tidak bermain, Ferguson tidak terlalu pusing. Mungkin ada baiknya, Luis Nani diberi kesempatan. Pemain ini memang hanya sebagai pelapis di tahun pertamanya sejak dibeli dari Sporting Lisbon. Tapi sekalinya diberi kesempatan, Nani benar-benar memanfaatkannya semaksimal mungkin.

Paling sensasional adalah aksinya ketika menumbangkan Arsenal di Piala FA dengan kemenangan telak 4-0, Sabtu, 16 Februari. Akselerasinya menggoyang pertahanan Arsenal dan menyumbang satu gol plus dua assist. Pada pertandingan terakhir ia juga bermain penuh determinasi saat MU memukul Fulham tiga gol tanpa balas di kandangnya.

Jadi bukan hanya kecepatan Wayne Rooney dan Cristiano Ronaldo atau oportunisnya Tevez yang patut dicermati tim asuhan Alain Perrin, Nani juga patut diwaspadai. Meski ketajaman visinya masih di bawah Giggs, Nani aka menjadi penggedor handal konsentrasi lini pertahanan lawan. Di Liga Champions, assist-nya buat Gerard Pique membuat MU yang didominasi pemain pelapis menahan AS Roma di Stadio Olimpico di partai pemungkas kualifikasi grup, Desember tahun lalu. Jika Giggs berhalangan, Rio Ferdinand juga ketiban kepercayaan lebih. Defender kelas wahid itu akan menjabat ban kapten.

Skuad MU yang siap tampil versus Lyon antara lain: Edwin van der Sar, Tomasz Kuszczak; Wes Brown, Nemanja Vidic, Rio Ferdinand, Patrice Evra, Danny Simpson, John O'Shea; Cristiano Ronaldo, Michael Carrick, Darren Fletcher, Anderson, Paul Scholes, Ryan Giggs, Park Ji-Sung, Owen Hargreaves, Luis Nani; Wayne Rooney, Carlos Tevez, Louis Saha.