Tuesday, March 4, 2008

Ronaldo Tentukan Langkah MU


Manchester United tampil maksimal di hadapan pendukungnya. Berhadapan dengan Olympique Lyonnais di Old Trafford pada leg kedua babak 16 besar, Selasa (04/03) atau Rabu dinihari—WIB, MU meraih kemenangan 1-0.

Walau tipis, kemenangan yang ditentukan gol tunggal Cristiano Ronaldo itu sudah cukup untuk meneruskan langkah ke perempat final Liga Champions. The Red Devils melangkah dengan keunggulan aggregate 2-1 karena paga leg pertama di Stade Gerland bermain imbang 1-1.

Lyon bermain bertahan di awal pertandingan. Taktik dan strategi pelatih Les Gones, Alain Perrin membuat MU frustasi pada awalnya. Taktik itu cukup beralasan, karena MU sebagai tuan rumah tampil menekan dan tampak tidak cukup aman jika hanya mengandalkan skor 0-0. Lini tengah tuan rumah dominan dengan hidupya Anderson Oliveira—dan dibantu Michael Carrick dan Darren Fletcher. Gelandang senior Paul Scholes absen dari starting eleven dan tidak ada nama Ryan Giggs sama sekali dalam line-up.

Kebuntuan akhirnya terpecahkan empat menit sebelum babak pertama usai. Bola liar di kotak penalti disambut Ronaldo dengan tembakan keras yang tidak mampu dihentikan kiper lawan Gregory Coupet. MU memimpin 1-0 dan gol tersebut menjadi gol ke-30 Ronaldo bagi MU musim ini dan gol keenam di Liga Champions juga di musim ini.

Di babak kedua Lyon menghamburkan serangan untuk menyamakan kedudukan. Serangan Lyon yang ditombaki Karim Benzema beberapa kali mengancam namun tidak ada yang mampu mengubah skor. Demikian pula dengan dimasukkannya Fred untuk menambah daya gedor. Satu peluang terbaik tim tamu diperoleh Kader Keita. Sayang tendangan penyerang internasional Pantai Gading yang telah melewati Edwin van der Sar itu hanya membentur tiang gawang.

Kemenangan anak-anak asuhan Sir Alex Ferguson memang tidak terlalu indah, tapi tetap saja kemenangan itu mampu membawa MU ikut serta ke dalam acara drawing perempat final pada 14 Maret nanti. Hasil optimal di Old Trafford juga menyamai rekor Juventus dengan sepuluh kemenangan beruntun Liga Champions di kandang.

Susunan pemain:
Man Utd: Van der Sar; Ferdinand, Brown, Evra (kk), Vidic; Fletcher (kk), Ronaldo (Hargreaves 90), Nani (kk), Carrick, Anderson (Tevez 70); Rooney.
Lyon: Coupet; Cris, Grosso (kk), Clerc, Squillaci (kk); Juninho, Kallstrom (Fred 79), Toulalan; Govou (Keita 68), Ben Arfa, Benzema.