Wednesday, March 12, 2008

Giggs Berniat Jadi Pelatih


Manager Manchester United (MU), Alex Ferguson, mengisyaratkan bahwa Ryan Giggs kemungkinan akan mendapatkan peran baru dalam staf kepelatihan tim jika ia sudah gantung sepatu. Kesempatan serupa juga akan didapatkan oleh para pemain veteran lainnya, seperti Paul Scholes dan Gary Neville.

Jika hal tersebut terwujud, sebenarnya itu bukan kejutan bagi pemain yang telah berbaju MU sejak usia 17 tahun ini. Pasalnya, Giggs telah mengantungi lisensi kepelatihan C dan B. Rencananya, di musim panas mendatang, Giggs akan mengikuti kursus untuk mendapatkan lisensi A dari UEFA. Sebelumnya, mantan penyerang asal Norwegia, Ole Gunnar Solksjaer yang terpaksa pensiun dini karena balutan cedera, telah lebih dulu menjadi staf MU.

Meski begitu, Giggs menyatakan bahwa saat ini ia lebih terfokus pada perjuangan MU menjuarai Liga Premier dan Liga Champions yang tinggal menyisakan dua bulan lagi. Saat disinggung mengenai wacana yang dilemparkan Alex Ferguson, seperti dilansir Goal, Giggs mengatakan, “Saya telah memiliki lisensi kepelatihan B dan C, dan saya menikmatinya. Kita lihat saja nanti bagaimana itu terjadi (baca: memiliki sertifikat A) di musim panas mendatang. Kalau kamu dapat menikmatinya dan itu menimbulkan rasa senang, maka kamu dapat memilih akan jadi manajer atau pelatih.”

“Sang manajer mengambil lisensi pelatihnya pada usia dini dan telah memiliki semua lisensi tersebut saat ia berusia 20 tahun. Ia selalu mengatakan pada kami untuk mencoba mengambil lisensi tersebut saat kami masih aktif bermain sebab hal itu akan membantu kamu sebagai pesepak bola. Beberapa dari kita melakukan hal tersebut dan diharapkan kami semua akan mampu melewatinya serta lulus menjadi pelatih berkualifikasi,” tambah Giggs.

Sebagai pemain MU, Giggs berpeluang memecahkan rekor penampilan terbanyak bersama klub sepanjang masa yang kini dipegang Sir Bobby Charlton. Jika ia tidak dapat melakukannya musim ini, Giggs masih dapat melakukannya di musim depan. Sampai saat ini, Giggs telah bermain sebanyak 746 kali bagi MU. Giggs butuh 14 penampilan lagi untuk memecahkan rekor Charlton yaitu sebanyak 759 penampilan.