Sunday, March 16, 2008

Ronaldo Akhiri Alotnya Derby


Arsenal yang bertanding Minggu dinihari menghadapi Middlesbrough dalam posisi tertekan. Posisi puncak klasemen Liga Premier Inggris untuk sementara diduduki Manchester United yang pada pertandingan Sabtu malam menundukkan Derby County 1-0 (0-0).

Perlawanan alot yang ditampilkan Derby runtuh oleh gol winger internasional Portugal, Cristiano Ronaldo. Gol di Pride Park—kandang Derby—menjadi gol ke-22 dan mengukuhkan Ronaldo memimpin daftar top skorer. Kemenangan itu membuat MU unggul satu poin dibanding Arsenal.

Derby yang kian pasti tersingkir dari premiership berusaha mengubah nasib dengan penampilan penuh semangat. Kekalahan telak 6-1 dari Chelsea membuat penampilan anak-anak asuhan Paul Jewell tampil spartan. Sementara MU berambisi mengubur kekalahan pahit dari Portsmouth yang membuat mereka tersingkir dari Piala FA.

Babak pertama mutlak didominasi MU. Baru berjalan semenit gawang yang dijaga Roy Carroll sudah terancam oleh sundulan Ryan Giggs. Carroll yang mantan kiper MU mentip tendangan keras Ronaldo yang kemudian menerpa tiang gawang. Ben Foster yang untuk pertama kalinya dipercaya Sir Alex Ferguson menunjukkan kelasnya saat menyelamatkan tendangan volley dan sepakan melengkung Kenny Miller.

Di babak kedua tekanan bertubi-tubi menghantui gawang Derby. Carroll tercatat menghalau tendangan bebas dan sundulan Ronaldo. Kegagalan merebut poin sempurna terbayang di benak skuad MU sebelum akhirnya kebuntuan terpecahkan di menit ke-75. Dari penterasi Wayne Rooney di sisi kiri, striker Timnas Inggris itu mengirim umpan silang. Umpan yang kemudian disambut Ronaldo dengan tembakan volley tanpa mampu dibendung Carroll. 1-0 buat MU dan bertahan sampai usai.

Susunan pemain:
Derby: Carroll; Edworthy (Todd 55), Leacock, Moore (kk), McEveley (kk); Sterjovski (Robert 83), Savage (kk), Jones (kk), Lewis; Miller, Earnshaw (Villa 77).
Man Utd: Foster; O'Shea, Brown, Vidic, Evra; Park (Saha 62), Scholes (Carrick 62 (kk)), Anderson (Fletcher 74), Giggs, Ronaldo; Rooney.

Kemenangan MU diikuti salah satu pesaingnya, Chelsea yang bercokol di peringkat ketiga. The Blues memetik kemenangan 1-0 dari Sunderland di Stadium of Light. Pahlawan kemenangan yang membuat Chelsea tetap menguntit dengan 64 poin atau tiga poin di bawah MU tidak lain adalah kapten tim John Terry.

Sundulan Terry menyambut tendangan penjuru Frank Lampard di menit ke-10 menjadi golnya yang pertama dalam 19 bulan. Tapi setelahnya The Black Cats mengambil inisiatif serangan. Carlo Cudicini dua kali menggalkan tendangan bebas melengkung Andy Reid dan sundulan jarak dekat Kenwyne Jones. Di babak kedua Chelsea berhasil menjaga ritme untuk mempertahankan keunggulan. Derby terpuruk di posisi buncit dan terpaut 25 poin dari zona aman.

Susunan pemain:
Sunderland: Gordon; Bardsley, Evans, Nosworthy, Collins; Edwards (Prica 62), O'Donovan (Yorke 73), Whitehead, Leadbitter (kk) (Harte 85), Reid; Jones.
Chelsea: Cudicini; Ferreira, Alex, Terry, Ashley Cole; Obi Mikel (kk), Ballack (Essien 73), Lampard, Joe Cole (Wright-Phillips 82), Kalou; Drogba.